Analisis Segmenting, Targeting, Positioning pada Samsung Galaxy S10 series - Serpihan Kehidupanku

Analisis Segmenting, Targeting, Positioning pada Samsung Galaxy S10 series

Analisis Segmenting, Targeting, Positioning pada Samsung Galaxy S10 series
Iklan : Smartphone Samsung Galaxy S10 series

Analisis STP (Segmenting, Targeting dan Positioning)
1. Segmenting
Segmentasi adalah pengelompokkan konsumen ke dalam golongan yang berbeda-beda dengan tujuan agar perusahaan dapat memasarkan produknya agar sampai kepada konsumen dengan hasil yang optimal. Pengelompokkan konsumen bisa dilakukan berdasarkan ekonomi, kebiasaan si konsumen sehari-hari, jenis kelamin, dan lain-lain.
Pada smartphone Samsung Galaxy S10, segmentasi samsung disini adalah masyarakat menengah keatas dan mencakup semua gender dan usia (mulai dari anak muda sampai dengan orang dewasa). Kita lihat dari iklan tersebut bahwa Galaxy S10 cocok digunakan untuk orang dewasa dan anak muda, karena galaxy S10 merupakan smartphone flagship yang kaya fitur terbaru dan menjadi salah satu smartphone paling baik saat ini.

2. Targeting
Targeting adalah penentuan target konsumen yang akan membeli produk suatu perusahaan. Dalam hal ini, targeting lebih menentukan secara detail siapa yang akan menjadi calon konsumen produk suatu perusahaan itu. Targeting sangat penting untuk menetapkan secara jelas peruntukkan suatu produk yang akan dijual di pasaran.
Targeting dari Samsung Galaxy S10 series disini adalah masyarakat kelas menengah keatas. Karena harganya yang di atas 10 juta dan tidak mungkin bisa dibeli oleh kalangan kelas menengah kebawah, untuk itu samsung berinovasi dengan meningkatkan fitur-fitur yang ada di Samsung Galaxy S10 series dengan fitur yang lebih canggih, modern, tampilan yang elegan dan juga lebih lengkap.

3. Positioning
Positioning adalah suatu usaha atau strategi yang dilakukan suatu perusahaan untuk menguasai benak konsumen mengenai produk yang akan ditawarkan. Positioning adalah salah satu faktor yang sangat menentukan untuk target pemasaran suatu perusahaan. Keuntungan dari positioning ini adalah jika positioning ini berhasil dan mendapat citra yang baik di masyarakat, biasanya produk yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut akan terus diingat oleh konsumen.
Positioning dari Samsung Galaxy S10 series disini antara lain :
  1.  Samsung Galaxy S10 series mempersepsikan kepada masyarakat bahwa produk yang mereka buat itu sangat inovatif, disenjatai hardware yang terbaru, kaya fitur dan lebih memudahkan dalam pengoperasianya, selain touchscreen Samsung Galaxy S10 series ini juga memiliki mode Air Gesture dan Smart Eye dalam pengoperasianya.
  2. Samsung Galaxy S10 series juga melakukan komunikasi yang tetap konsisten, hal ini dilakukan dengan cara melakukan iklan secara berkala di media offline dan juga media online yang tujuanya agar bisa memudahkan konsumen mencari tahu informasi dan juga membeli barang samsung tersebut.
  3. Samsung Galaxy S10 series ini juga menambahkan berbagai fitur-fitur baru yang ada pada Samsung Galaxy S9 sebagai pendahulunya, serta lebih menyempurnakan  beberapa bagian Samsung Galaxy S9 dulu, bagian yang paling terasa perubahaannya yaitu pada layarnya yang hampir tanpa bezel (infinity display), kemudian ada penambahan kamera (normal, wide, superwide), mode wireless powershare untuk berbagi daya ke perangkat premium samsung lain, dan yang lainnya.


4. Pesaing
Disini  Samsung Galaxy S10 series memiliki beberapa pesaing yaitu Iphone XS series dari Apple, ada Huawei P30 series dari Huawei, kemudian ada OnePlus 7 Pro dari OnePlus, yang mana segmentasinya juga untuk kalangan menengah keatas.

Tulisan di atas sebenarnya dari tugas mata kuliah bisnis internasional yang saya terima. Saya bagikan disini barangkali bisa bermanfaat dan menjadi referensi bagi teman-teman yang lain yaa. Cukup sekian untuk tulisan kedua ini, semoga kita semua diberikan rezeki yang cukup, badan yang sehat, dan yang pastinya diridhoi oleh Allah dalam setiap aktivitas kita.

Referensi : Samsung Electronics Co., Ltd 

Ad Placement

Formulir Kontak